Rokok merupakan benda silinder dari kertas berdimensi panjang antara 70 sampai 120 milimeter (bermacam-macam tergantung negara) dengan diameter kurang lebih 10 milimeter yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. rokok dibakar pada salah satu ujungnya serta dibiarkan membara supaya asapnya bisa dihirup melalui mulut pada ujung yang lain.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berupa kotak atau kemasan kertas yang bisa dimasukkan dengan gampang ke dalam kantong. semenjak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga lazimnya diiringi pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan dari merokok, seperti peringatan kanker, jantung, gangguan ginjal, liver, kehamilan dan pernyakit kronis lainnya, bahkan saat ini di indonesia sudah disertakan gambar mengerikan mengenai penyakit-penyakit kronis tersebut. Sayangnya hal tersebut ibaratkan sebuah hiasan merk semata yang tidak digubris oleh para konsumennya.

Saat ini sedang cukup banyak orang memamerkan rokok elektrik, umumnya mereka beranggapan bahwa rokok elektrik lebih aman untuk kesehatan di bandingkan dengan rokok tembakau, apakah hal tersebut benar?

Apakah rokok Elektrik Aman?
Pertanyaan tersebut sebenarnya cukup konyol, kenapa? karena membandingkan rokok elektrik dengan rokok tembakau sama halnya membandingkan "mana yang lebih baik antara mencuri atau korupsi?", apapun jawaban yang kamu pilih diantara keduanya adalah SALAH, karena membandingkan perihal yang buruk dengan hal buruk hasilnya akan tetap buruk dan tidak mempunyai manfaat apapun. Maka jawaban yang tepat adalah tidak keduanya.

Rokok Elektrik
Pada rokok elektrik, ditemukan kandungan karsinogen (kelompok zat yang secara langsung bisa mengganggu dna, menopang atau membantu kanker) 10kali lebih banyak dibandingkan dengan rokok tembakau, malahan rokok elektrik memiliki komposisi yang berbeda-beda dan secara umum terdapat 4 jenis campuran. Namun semua jenis campuran mengandung nikotin, propilen glikol.

Selain rokoknya yang berbahaya, pada rokok elektrik uap yang dihirup juga akan mengakibatkan asma, sesak nafas dan batuk. Beberapa kasus rokok elektrik bahkan meledak saat sedang digunakan, mengakibatkan robeknya mulut serta bagian wajah lain yang terkena cipratan ledakan tersebut.

Wah banyak juga ya bahaya rokok elektrik, berarti mending pakai rokok tembakau dong biar lebih aman?

"eeeeiiittttss...penjelasan diatas bukan berarti mengakui bahwa rokok tembakau aman, Rokok tembakau itu sudah termasuk kategori berbahaya, jadi mending tinggalkan keduanya."

Kalo mariju....."Itu malah lebih parah, dodol"

Kandungan Rokok Tembakau
Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rokok tembakau seperti yang saya kutip dari wikipedia.

  1. Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  2. Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  3. Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  4. Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  5. Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  6. Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  7. Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  8. Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  9. Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  10. Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  11. Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  12. Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.
Meskipun demikian, hanya tar dan nikotin saja yang dicantumkan dalam bungkus rokok, bahaya dari merokok tidak hanya akan berdampak pada diri perokok itu sendiri tetapi juga sekitarnya seperti teman dan keluarga terdekatnya, masih sayang diri sendiri, anak dan istri? berhentilah merokok mulai dari sekarang, ikuti panduan dokter agar bisa menghilangkan candu dan efek asap rokok dalam tubuh dengan demikian kamu akan merasakan manfaatnya setelah beberapa hari berhenti merokok.
Label:
This is the most recent post.
Posting Lama

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.