Google baru saja memulai debut layanan pembayaran mobile eksperimental yang memungkinkan penggunanya melakukan pembelian tanpa pernah menyentuh telepon seluler. Google menguji Hands Free, aplikasi miliknya yang memungkinkan pengguna membeli barang-barang hanya dengan perintah suara, di beberapa toko di Bay Area.

Dibanding chip Near Field Communication (NFC), yang mendukung platform “sentuh untuk membayar”, seperti Android Pay dan Apple Pay, aplikasi iOS dan Android ini menggunakan kombinasi Bluetooth, Wi-Fi, dan layanan lokasi untuk mendeteksi ketika pengguna berada di toko yang ditetapkan Hands Free.

Ini juga berarti pengguna dapat menggunakan Hands Free, bahkan jika ponsel Anda tidak mendukung pembayaran NFC.

Bila penasaran ingin mencoba aplikasi tersebut, berikut ini cara kerjanya.

Atur aplikasi dengan informasi kartu kredit dan foto Anda. Ketika mencapai kasir di sebuah toko yang berpartisipasi, Anda cukup mengatakan "Saya ingin membayar dengan Google" untuk menyelesaikan transaksi Anda.

Kasir akan memverifikasi identitas Anda dengan memeriksa foto terkait dengan akun Hands Free Anda dan dengan menanyakan inisial Anda. Google mengatakan beberapa toko juga bereksperimen dengan kamera di toko yang secara otomatis dapat memeriksa identitas Anda berdasarkan foto profil Anda.

Pembayaran ini, yang pertama kali diperkenalkan Google tahun lalu dalam I/O Developers Conference, masih merupakan percobaan. “Tapi ini bisa mewakili pembayaran mobile masa depan," kata Google.

Adapun Hands Free hanya tersedia di beberapa lokasi McDonald’s dan Papa John di Bay Area. Google mengatakan perusahaan itu sudah melihat adopsi yang luas akan Android Pay, sistem pembayaran berbasis NFC yang memulai debutnya tahun lalu.

Perusahaan itu menyatakan ada rata-rata 1,5 juta pendaftaran sebulan dan pembayaran itu sudah didukung lebih dari 2 juta lokasi. sumber: tempo.co
Label:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.